Skip to main content

follow us

Saat ini kebutuhan akan listrik menjadi salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa terlewatkan. Bayangkan saja berbagai aktifitas fital sehari -hari hampir 80% ditopang dengan daya listrik. Mulai dari memasak,  mencuci,  setlika,  menyalakan TV, untuk penerangan semua menggunakan listrik.  Tanpa listrik sudah pasti rutinitas anda sehari-hari tidak bisa berjalan mulus.

Karena begitu pentingnya listrik dalam kehidupan maka sebagai pelanggan yang bijak anda haruslah membayar tagihan tepat waktu dan atau pastikan juga token listrik anda terisi. Hal ini bertujuan agar rumah anda tetap teraliri arus listrik,  sehingga aktifitaspun mudah dilakukan.

Ketika akan membayar tagihan listrik pastinya anda akan dimintai nomor ID Pelanggan.  Tanpa mengetahui ID pelanggan, maka proses pembayaranya pun akan semakin susah dilakukan bahkan di beberapa platform pembayaran tidak bisa dilakukan.

Oleh karena itu sebaiknya anda selalu mengingat nomor ID PLN anda atau setidaknya anda mencatatnya agar ketika sewaktu-waktu dibutuhkan anda bisa dengan mudah mengetahuinya. Perlu diketahui , buat anda pelanggan prabayar atau pengguna Token Listrik, anda tidak perlu mengingat ID PLN anda setiap kali melakukan pengisian token listrik. ID PLN hanya dibutuhkan untuk para pelanggan listrik pascabayar.

Lalu bagaimanakah cara melihatnya? Dimana kita bisa mengetahui ID Pelanggan PLN untuk kemudian mencatatnya?

Ada dua cara mudah yang bisa anda gunakan untuk melihat ID PLN anda. Yaitu dengan cara melihatnya langsung di meteran dan bisa juga melihatnya di struk pembayaram listrik .


Cara Melihat ID pelanggan PLN di meteran




Setiap pelanggan listrik yang terdaftar baik itu pelanggan listrik prabayar (token) maupun listrik pascabayar pastilah akan diberikan sebuah ID Pelanggan. Apa itu ID Pelanggan?

ID pelanggan adalah merupakan kombinasi 11 hingga 12 angka yang tertera pada meteran listrik. Untuk mengetahuinya cukup mudah anda tinggal melihatnya di meteran listrik masing-masing kemudian perhatikan barcode yang ada di meteran tersebut.

Nah, biasanya di dekat barcode meteran PLN berjajar 11-12 angka yang dikombinasi secara acak, maka itulah nomor pelanggan PLN anda.


Mengetahui ID pelanggan PLN dari Struk Tagihan




Ketika anda membayar listrik di kantor cabang PLN maka pastilah anda akan diberikan sebuah struk sebagai bukti pembayaran. Dalam struk tersebut berisi banyak data dan salah satunya adalah ID pelanggan listrik anda. Biasanya ID Listrik tersebut tertulis dipojok kiri paling atas.

Buat yang anda saat ini tengah bingung mencari tahu ID PLN, maka silahkan langsung saja cari tahu di struk tagihan listrik.


Mengetahui ID PLN Dari Struk Pembayan E-Commerce




Tokopedia, anda pasti sudah tidak asing lagi memdengar nama dari salah satu situs E-Commerce ini. Tokopedia tak hanya melayani jual beli secara online, tapi juga menyediakan layanan untuk berbagai macam pembayaran dan salah satunya adalah bayar tagihan PLN.

Nah buat anda yang sudah pernah membayar PLN di situs e-commerce ini, anda bisa dengan mudah Cek nomor pelanggan PLN dengan cara buka email  dan silahkan cari tanggal terakhir pembayaran tagihan listrik di Tokopedia.


Mengetahui ID PLN Dari Struk ATM




Saat ini hampir semua bank menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik via ATM, Internet Banking ataupun juga m banking.  Ketika anda bayar tagihan listrik lewat ATM maka mesin ATM akan mengeluarkan struk, sebagai bukti pembayaran yang syah.

Nah, didalam struk tersebut juga mencantumkan nomor dari ID Pelanggan PLN anda.


Tips Agar Anda Tidak Lupa ID PLN Lagi


Agar anda tidak lupa dan tidak bolak balik menghafal ID PLN ada cara mudah untuk menyimpanya yaitu dengan cara menambahkanya ke daftar pembayaran pada layanan Internet Banking dan juga Mobile banking.

Dengan menambahkanya pada daftar pembayaran maka anda tidak perlu bersusah payah mengetikan  ID PLN anda karena semuanya sudah tersimpan. Jadi anda tinggal masuk ke daftar pembayaranya saja dan memilih sesuai nama pembayaran yang anda buat. Bagaimana, mudah bukan? Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!! Salam Jabat Erat.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar