Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

Tak pernah terbayangkan sebelumnya, jika teknologi begitu cepat berkembangnya. Bak sebuah ilmu magic teknologi membuat sesuatu yang tidak mungkin dilakukan menjadi sangat mudah dilakukan. Bahkan saking  ajaibnya kekuatan  tegnologi bumi yang katanya begitu luas yang dipisahkan oleh beberapa lautan dan pecah menjadi beberapa benua sangat mudah di taklukan dan di jelajahi hanya lewat sentuhan jari jemari tangan.

Hanya menggerakan jari tangan luasnya dunia dapat ditaklukan.

Ya, teknologi tersebut bernama internet. Anda pun pasti sudah sering kali mendengarnya bahkan saya yakin 99% jika Anda adalah salah satu penggunanya.  Buktinya Anda bisa mengakses halaman website ini, itu pasti karena adanya jaringan internet. Saat ini Internet memang telah merasuk hingga berbagai lini kehidupan. Tak hanya sebagai sarana hiburan saja, bahkan jika boleh saya katakan  internet seolah menjadi kebutuhan primer manusia karena memenuhi hampir seluruh ruang kehidupan mereka. Mulai dari hal terkecil hingga hal yang amat rumit semua dapat dikendalikan dan dikerjakan dengan bantuan internet.

Kemunculan Internet juga mendatangkan begitu banyak peluang usaha bagi mereka yang menyadarinya. Nah jika Anda adalah salah satu orang yang sedang merintis suatu usaha kenapa tidak mencoba peruntungan dengan memanfaatkan internet untuk keberlangsungan usaha Anda. Tidak sulit kok memulainya, Anda cukup membuat saluran pemasaran di internet. Secara garis besar ada 3 cara pemasaran sebuah usaha di internet yaitu melalui sebuah website , atau cara lain yang lebih praktis yaitu dengan memasarkannya di akun media sosial atau Anda juga bisa bergabung dengan berbagai situs e-commerce. Dengan menggabungkan ke tiganya secara tepat maka bisnis Anda kemungkinan besar akan semakin dikenal banyak orang dan segera meraih kesuksesan.

Pemasaran Produk Lewat Website



Dalam sebuah bisnis website mempunyai peranan utama dalam perkembangan usaha di era digital ini. Tak peduli itu bisnis dengan skala besar atau hanya bisnis rumahan, semuanya  wajib mempunyai website untuk bisa memenangkan persaingan usaha. Sayangnya tidak semua pelaku bisnis menyadari akan hal itu. Padahal sudah sangat jelas jika website merupakan gerbang utama yang akan selalu dilewati oleh pencari produk barang atau jasa. Gak percaya? Coba bayangkan jika Anda ingin mencari produk barang atau jasa apa yang anda lakukan?

Pastinya Anda akan terlebih dahulu bertanya kepada "Mbah nya" tentang produk atau barang tersebut di Internet. Nah, inilah kelebihan website, jika kebetulan produk Anda berhasil ditemukan orang di internet bukankah ini akan mendatangkan  banyak keuntungan buat bisnis Anda. Ya, keuntungannya orang bisa tahu, tertarik hingga akhirnya memesan dan membeli produk Anda.


Memasarkan Produk Lewat Media Sosial



Salah satu kunci sukses berbisnis adalah dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Sosial media membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya. Apalagi kebiasaan orang saat ini tidak bisa jauh - jauh dari media sosial. Lihat saja di manapun tempatnya, entah itu di kafe, di warung makan bahkan dipinggir jalan orang-orang lebih suka menunduk memandang layar smartphone mereka untuk bermedia sosial. Sebagai pebisnis Anda harus mengambil peluang besar ini dengan cara memasarkan produk Anda lewat media sosial.

Bergabung Dengan Market Place E-Commerce



Berjualan di marketplace adalah salah satu cara pemasaran yang boleh dibilang paling banyak digunakan. Tak hanya usaha kecil menengah saja yang memanfaatkanya, bahkan perusahaan berskala  besarpun juga mulai banyak yang mengonlinekan brand nya di  sana. Tren jualan di marketplace memang tidak bisa lepas dari perilaku konsumen yang mana saat ini mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan smartphonenya untuk browsing situs atau aplikasi belanja online. Tentu saja hal ini menjadi sebuah peluang besar bagi  Anda untuk bisa menjangkau pasar  konsumen lebih luas dengan cara bergabung di marketplace .

Nah, ketika 3 strategi pemasaran tersebut sudah terpenuhi yang jadi pertanyaan adalah bagaimana custommer anda bisa melakukan kontak dengan anda, bagaimana caranya anda menjalin komunikasi dengan mereka? Apakah cukup dengan memberikan kontak yang berupa nomor telepon saja, ataukah hanya berkomunikasi dengan  melakukan chat di media sosial Anda, atau juga hanya berkomunikasi lewat toko online Anda?

Ketika Anda sudah sampai pada tahap ini maka haruslah totalitas agar bisnis Anda benar-benar menggelegar dan ambyar. Memberi customer kontak yang berupa nomor telepon dan akun media sosial tentulah sangat tidak profesional sekali dan terkesan amatiran di mata pelanggan. Lalu kontak seperti apa yang profesional?

Kontak Berupa Email



Anda tahukan email? iya pasti tahulah. Handphone yang Anda gunakan untuk  membuka website ini pastilah memiliki akun email. Untuk mendaftar toko online di situs e-commerce pasti Anda juga memasukan alamat email, pun demikian dengan membuat akun media sosial juga biasanya membutuhkan alamat email. Jadi tidak usah saya jelaskan panjang lebar tentang apa itu email karena pasti Anda sudah mengerti.

Secara umum email diartikan sebagai media pengirim dan penerima sebuah pesan elektronik lewat jalur jaringan internet. Dalam dunia bisnis email mempunyai peranan penting sebagai media berkomunikasi dengan calon pelanggan untuk mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia dari bisnis anda. Maka sangat wajar jika saya katakan bahwasanya sampai detik ini email masih merupakan salah satu media komunikasi terbaik di Internet.

Mengapa?

Untuk mengetahui alasanya kita harus mengetahui beberapa fakta email berikut ini.
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Radicati Group, saat ini ada lebih dari 6,32 miliar akun email aktif di seluruh dunia dan jumlah tersebut diprediksi akan terus naik hingga mencapai 7,71 milliar pada tahun 2021. Lembaga Riset tersebut juga memperhitungkan bahwa dalam waktu satu hari ada sekitar 196 miliar email yang dikirimkan orang dari seluruh penjuru dunia. Dari total 196 miliar email terkirim tersebut, 109 miliar diantaranya adalah berupa email bisnis.  Wow..sungguh jumlah yang sangat besar bukan?


Dengan melihat data diatas maka sudah jelas bahwa email masih merupakan media komunikasi yang paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis di seluruh dunia hingga saat ini. Sampai disini pastinya Anda semakin yakin untuk mulai menggunakan email dalam bisnis yang sedang Anda geluti. Perlu Anda ketahui bahwasanya ada dua jenis email yang bisa digunakan dalam bisnis berdasarkan alamatnya.

Email Gratisan

Selama ini, mungkin Anda sudah tidak asing dengan layanan email gratis seperti Gmail, Yahoo atau Hotmail. Mungkin juga  email yang Anda pakai saat ini masih menggunakan email gratisan dari salah satu layanan tersebut. Jika untuk keperluan pribadi dan tidak terkait dengan bisnis maka syah-syah saja Anda menggunakan layanan gratis tersebut. Namun jika untuk keperluan bisnis maka penggunaan email gratis terkesan kurang meyakinkan dan terlihat tidak profesional dimata klien atau relasi bisnis Anda.

Lagi pula ada banyak kekurangan dalam penggunaan email gratis yang paling menonjol adalah  kapasitas penyimpanan surel gratis tidak banyak sehingga pengguna harus rutin melakukan pembersihan. Pembersihan surel harus dilakukan agar Anda tetap bisa menerima atau mengirim pesan berupa file ke alamat surel lain. Selain itu, email gratis harus siap menerima iklan sehingga terkadang memenuhi kotak pesan. Lalu seperti apakah email dengan layanan gratis itu? silahkan lihat contohya berikut ini ,
  • Infobisnis@gmail.com
  • Infobisnis@yahoo.com
  • Infobisnis@hotmail.com

Email Profesional

Ketika bisnis adalah sebuah kepercayaan maka penggunaan email profesional sangatlah diharuskan. Sebab dengan email  profesional baik pelanggan maupun relasi bisnis Anda akan semakin yakin dengan bisnis yang Anda jalankan.   Dengan mereka yakin maka selanjutnya mereka tertarik dan akhirnya membeli produk Anda. Selain itu  Anda bisa melakukan korespondensi dengan klien atau rekan bisnis lebih baik lagi.

Supaya Anda lebih yakin untuk segera membuat email profesional demi kelancaran bisnis, sebaiknya ketahui alasan kenapa pelaku usaha wajib memiliki email profesional berikut ini.

1. Data tersimpan lebih aman 

Alasan pertama kenapa email profesional sangat penting dalam mendukung karir atau usaha Anda adalah keamanan data yang tersimpan. Di era digital, banyak sekali pelaku penipuan yang mencoba untuk melakukan peretasan pada akun surel seseorang. Demi meminimalisir tindak kriminalitas tersebut, Anda bisa mempertimbangkan email profesional. Selama Anda tidak menghapus data yang ada di surel, maka data Anda bakal tersimpan rapi tanpa perlu khawatir terjadi pencurian data.

2. Bisa memberikan kesan yang profesional 

Ingin memberikan branding positif pada usaha online? Sebaiknya Anda membuat surel profesional yang bisa mendorong branding tersebut. Email premium terlihat lebih profesional agar usaha Anda semakin terkenal. Anda harus tahu bahwa hampir seluruh pelaku usaha menggunakan email dengan domain berbayar sebagai bahan promosi dan komunikasi. Hal ini juga dipengaruhi oleh banyaknya oknum penipuan yang terbiasa menggunakan email gratis. Layanan gratis tanpa berbayar menunjukkan oknum tidak ingin mengeluarkan biaya lebih banyak, namun mengeruk keuntungan semata. Sebagai pelaku bisnis kredibel, Anda wajib mengeluarkan dana untuk membayar email premium sebagai bentuk profesionalisme.

3. Meningkatkan branding usaha 

Email profesional tak hanya bisa dilakukan oleh perseorangan, organisasi atau perusahaan. Pelanggan atau klien bisa menjadi lebih percaya pada perusahaan Anda dengan adanya email profesional. Misalnya Anda memiliki usaha yang ingin dikelompokkan atau sesuai dengan cabang, maka email profesional sangat mendukung branding tersebut. Contoh Anda ingin fokus memiliki alamat email khusus layanan kritik dan saran, maka bisa membuat alamat email customer service. Hal ini berlaku pula untuk cabang usaha yang lain seperti alamat email untuk pemesanan produk, technical support, lowongan pekerjaan, dan lain-lain. Branding usaha yang positif akan semakin memberikan nilai yang bagus untuk perusahaan Anda.

4. Meningkatkan kepercayaan para pelanggan setia 

Coba saja Anda bandingkan mengenai tingkat kepercayaan pelanggan pada alamat email gratis atau premium. Ya, tentu email premium jauh lebih kredibel dibandingkan dengan alamat email gratis. Email premium menunjukkan tingkat keseriusan perusahaan dalam memberikan pelayanan maksimal pada pelanggan.

5. Bisa meminimalisir risiko email masuk sebagai spam 

Dalam melakukan bisnis online, Anda memang butuh strategi pemasaran digital yang bisa mendongkrak penjualan tiap bulan. Selain memaksimalkan promosi lewat konten media sosial atau marketplace, Anda juga bisa mempertimbangkan layanan email marketing. Anda memiliki kesempatan untuk mengenalkan atau promosi usaha kepada banyak orang lewat surel. Kalau Anda menggunakan email profesional, pesan bisa dikirim secara massal tanpa khawatir bakal masuk ke kotak spam. Kalau Anda mengirimkan lewat email gratis dalam jumlah terlalu banyak, kemungkinan pesan ditandai sebagai spam semakin besar. Tentu pesan yang masuk spam kemungkinan tidak akan dibaca oleh sasaran pasar Anda. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 260 juta jiwa, kemungkinan usaha Anda menyasar pengguna email sangat besar, bukan? Toh, sebagian besar penduduk Indonesia telah melek internet di era modern ini.

7. Meningkatkan penjualan dan memudahkan akses ke website usaha 

Branding yang bagus akan meningkatkan potensi penjualan produk atau jasa usaha Anda. Tidak menutup kemungkinan kalau bisnis Anda bakal semakin berkembang pesat, lho! Alamat email yang terhubung dengan website akan semakin membuat pelanggan Anda percaya. Usaha Anda bakal semakin berkembang dan menjadi lebih besar lagi. Tidak hanya menyasar pasar nasional, usaha Anda bisa saja berkembang dan dikenal skala internasional berkat email profesional.


Beberapa alasan penting memiliki alamat email profesional di atas bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin mengembangkan usaha lebih terkenal. Anda hanya perlu mencoba cara mudah membuat email profesional sekarang juga.

Cara mudah membuat email profesional 




Apakah Anda mulai tertarik membuat email profesional setelah membaca ulasan penting di atas?
Pertanyaanya Email profesional itu email yang bagaimana? Untuk menjawabnya saya akan terlebih dahulu sedikit bercerita tentang pengalaman saya sendiri.

Pernah suatu ketika saya mendapatkan sebuah SMS dari nomor yang tidak saya kenal, yang mana isi dari SMS tersebut menyatakan bahwa saya menjadi pemenang utama dari progam undian yang diadakan oleh sebuah operator seluler yang cukup terkenal di Indonesia yaitu XL. Dalam SMS tersebut menyertakan sebuah alamat website dan juga email yang harus saya hubungi untuk konfirmasi jika saya adalah pemenang utamanya.

Setelah saya perhatikan baik-baik-baik ternyata  alamat website maupun email nya kok tidak profesional karena dibuat dengan layanan gratisan. Seingat saya alamat email yang tercantum itu adalah (customerservicexl@gmail.com).

Waduuh. langsung saja saya berfikir amatiran banget ini penipu, masak iya perusahaan sebesar XL membuat email gratisan. Padahal setahu saya  persusahaan tersebut mempunyai alamat email (customerservice@xl.co.id). Nah coba bandingkan dari kedua alamat email ini terlihat profesional mana?
  • Customerservicexl@gmail.com
  • Customerservice@xl.co.id
Nah, dari perbandingan diatas pasti anda pun bisa membedakan sendiri mana yang resmi dan mana yang penipu. Mana yang amatiran dan mana yang profesional.

Jadi Apa itu alamat email profesional?


Merujuk pada cerita di atas maka bisa kita definisikan bahwa alamat email profesional itu adalah alamat email yang menggunakan domain sendiri bukan menggunakan domain orang lain, semisal gmail.com, Yahoo, com, hotmail.com dan sejenisnyai. Sebagai contohnya perusahaan telekomunikasi XL mempunyai sebuah alamat website www.xl.co.id maka alamat email profesional yang digunakan juga mengikuti nama dari alamat domain websitenya yaitu customerservice@xl.co.id. Nah, sudah paham kan sekarang!.
Maka dari itu untuk memperlancar bisnis Anda yuk buruan segera membuat email profesional. Simpel saja sih,  Anda  hanya perlu membeli sebuah domain untuk dijadikan alamat website Anda kemudian membuat email sesuai dengan domain yang telah Anda beli tersebut.

Anda bisa mencari informasi lebih detail terkait pembelian domain dan keuntungan apa saja yang bakal didapatkan. Pilih layanan jasa email profesional yang menawarkan fitur dan kapasitas penyimpanan besar. Harga yang kompetitif sebanding dengan layanan yang diberikan, kenapa tidak?

Membuat Email Profesional di RumahWeb

Saat ini memang banyak penyedia jasa untuk membuat email profesional yang murah. Namun dari pengetahuan saya hanya beberapa saja yang benar benar berkualitas. Ya salah satunya adalah rumahweb. Mengapa saya katakan demikian? Iya karena rumah web menanganinya secara profesional dengan suport custummer servis full 24 jam. Sehingga jika ada kendala dan masalah bisa langsung ditanyakan. Bahkan suportnya juga sangat -sangat cepat dan langsung dijawab .


Dari setengah dekade bersama rumahweb tidak pernah ada kendala dan keluhan sedikitpun yang saya rasakan. Yang paling membuat saya betah menggunakan jasa RumahWeb, karena RumahWeb memberikan jaminan keamanan data setiap pelangganya yang meliputi meliputi data file web, database, dan e-mail sepanjang resiko terhadap keamanan data tersebut tidak ditimbulkan oleh pelanggan sendiri.

Nah, karena itulah jika anda ingin membuat email profesional sangat saya sarankan di RumahWeb saja. Lalu bagaimana caranya?

Caranya anda harus membeli DOMAIN MURAH dan web hostingnya sekalian dan setelah keduanya aktif maka anda akan secara otomatis mendapatkan akses untuk bisa menggunakan dan membuat email profesional dengan nama domain. Ya, kalau boleh sedikit berperibahasa "sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui" kalau saya yang artikan membeli domain di RumahWeb ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati.

Namun yang perlu anda tahu email yang anda buat tadi masih bersifat standart, karena berada dalam satu hosting yang sama dengan website anda. Karena berada dalam satu hosting maka sudah pasti spacenya akan berbagi dengan space untuk website, database dan lain sebagainya.

Ada pepatah mengatakan jangan letakan semua telur dalam satu keranjang yang sama, sebab jika keranjang jatuh maka telurnya akan pecah semua. Jika diibaratkan hosting adalah keranjangnya sedang email dan domain adalah telurnya. Maka sebaiknya pisahkan keduanya, dengan menempatkan email di hosting yang kusus untuk email saja.

Email Hosting

Email Hosting adalah layanan penyewaan tempat di server yang di khususkan untuk email saja. Karena hanya digunakan untuk menghosting email saja maka jelas performanya jauh lebih  lancar . Selain lebih lancar juga masih banyak kelebihan lainya. Lagipula biaya sewanya juga sangat - sangat murah dan tesedia banyak pilihan paket, anda bisa memilih paket sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Mau tahu apa saja pilihan paket hosting yang ditawarkan RumahWeb?

UNLIMITED HOSTING
Yang pertama adalah UNLIMITED HOSTING, menyediakan 3 pilihan paket SEED, GROW, dan BLOOM. Jelas masing masing paket memiliki kelebihan masing-masing. Apa saja kelebihanya silahkan lansung saja anda perhatikan di bawah ini.


PROFESIONAL HOSTING
Paket Profesional Hosting sangat cocok digunakan untuk  membuat membuat website perusahaan kecil menengah, sekolah, atau blog yang populer.  Untuk harganya anda tidak usah kwatir karena masih amat terjangkau. Keuntungan lainya jika anda membeli paket ini akan mendapatkan domain gratis. Ayo buruan order mulai dari sekarang karena bonus free domain hanya berlaku hingga 31 Maret 2020. Untuk detail harga dan fitur didalamnya silahkan cek di bawah ini.



PAKET ENTERPRISE
Paket Enterprise sangat cocok digunakan sebagai hosting untuk membangun website yang ramai, e-commerce, dan juga web untuk pemerintahan. Selain itu pilihan paket enterprise juga sangat cocok digunakan untuk menghosting email korporat untuk perusahaan anda. Tersedia empat pilihan paket sesuai dengan kapasitas penyimpananya. Anda dapat menyewanya dengan harga mulai Rp.90 ribuan hingga Rp.1.300.000 saja. Banyak fitu fitur yang akan anda dapatkan di paket ini.



Nah, selain paket hosting diatas RumahWeb juga menyediakan layanan email berbayar lainya yaitu  Flockmail dan Alimail. Apa keunggulan dari keduanya akan coba saya ulas secara singkat di bawah ini.

Fockmail 

Flockmail sendiri merupakan sebuah layanan email yang memang dikususkan untuk menopang keperluan bisnis. Karena dibuat untuk bisnis maka sudah pasti memiliki storage/penyimpanan yang besar, Flockmail berkapasitas 10-30 GB. Banyak sekali fitur fitur yang bisa anda nikmati jika anda berlangganan layanan email berbayar ini.

Dengan Flockmail  komunikasi dengan tim kerja menjadi mudah karena tidak hanya sebatas digunakan untuk mengirim email saja namun lebih dari itu bisa digunakan untuk panggilan audio dan vidio converence untuk 8 hingga 50 partisipan sehingga cocok digunakan untuk berkomunikasi dengan tim anda. Diantara sekian fitur yang ada, terdapat satu fitur yang menurut saya sangat-sangatlah luar biasa karena tidak dimiliki oleh layanan email lainya yaitu Undo Send.

Apa yang bisa kita lakukan dengan fitur ini? Dengan fitur Undo Send kita dapat membatalkan pengiriman email yang salah, pasti pernah donk Anda mengalami salah kirim email, typo, atau mungkin juga lupa attachment. Dengan Undo Send maka kesalahan kesalahan seperti itu tidak lagi menjadi masalah berarti.
Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung mengunjungi halaman Flockmail by RumahWeb.
Oh iya hampir saja lupa, Flockmail dari rumah web menyediakan dua pilihan paket yaitu profesional dan premium. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.


Alimail

Kapasitas penyimpanan email 30 GB dirasa masih kurang besar, dan belum mampu menampung berbagai data dan file penting dari bisnis anda? Tenang, anda tidak usah kwartir karena rumahweb selalu selangkah lebih maju di depan anda. Rumahweb selalu tahu apa yang anda keluhkan dan selalu memberikan solusinya. Ya, Alimail dihadirkan untuk menjawab keluhan anda.

Alimail memikiki kapasitas penyimpanan hingga 1 TB, wow sangat besar bukan. Dengan kapasitas sebesar itu anda tidak perlu khawatir tentang data dan file anda. Saat ini alimail dari RumahWeb menyediakan 2 pilihan paket, ada paket standart dan paket advanced. Jelas masing masing paket memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Bisa dilihat di bawah ini.


Lalu apa  saja fitur yang ada didalamnya? Kalau saya jelaskan satu satu pastilah panjang banget, yang jelas Alimail menyediakan semua fitur  untuk anda bisa bekerja dan berkolaborasi seperti kalender, Task, Kontak dan File Sharing. Pokoknya tidak ada ruginya jika anda mulai menggunakan dan berlangganan Alimail demi kemajuan bisnis anda.

Nah, tunggu apalagi bagi anda yang saat ini masih menggunakan layanan email berbayar yang biasa saja,  yuk segera alih menggunakan AliMail dari RumahWeb. Anda tidak usah kwartir terkait file dan data yang telah tersimpan pada email hosting sebelumnya. Karena anda dapat dengan mudah memindahkanya ke AliMail dengan sebuah tools migrations yang difasilitaskan di sana.


Artikel blog competition RumahWeb 01 Januari s.d 20 Maret 2020

Pengalaman Saya Terkait Email Profesional Sesuai Nama Domain Untuk Sebuah Bisnis


Sebelumnya saya ingin sampaikan, bahwa saya bukanlah seorang pebisnis dan hanyalah seorang karyawan swasta. Meskipun saya bukan pelaku bisnis namun cerita saya mungkin bisa dijadikan pelajaran bagi anda yang tengah merintis suatu usaha.

Ya, saya hanyalah seorang buruh di sebuah bengkel bubut. Tidak terlalu besar sih bengkelnya dan hanya memiliki 20 an karyawan saja. Namun jangan salah, pelanggan dari bengkel tempat saya bekerja datang tak hanya dari sekitaran kota saja melainkan banyak yang datang dari luar pulau Jawa dan semua datang bukan dari perorangan melainkan dari sebuah perusahaan besar. Bahkan pernah sekali ada pelanggan dari Australia yang memakai jasa bengkel saya, namun itu dulu.

Dulu memang sangat ramai dan terkenal, namun beberapa tahun belakangan ini pelanggan mulai sepi bahkan boz bengkel sempat PHK beberapa karyawan karena sepinya pelanggan. Selain karena memang banyak berdiri bengkel yang sejenis, juga kemungkinan besar boz ku kurang menyadari bahwa pentingnya mengonlinkan sebuah bisnis usaha.

Ya, hingga saat ini bozku hanya mengandalkan pemasaran dengan sistem "gethok tular" saja. Pelanggan cuma datang lewat informasi dari mulut ke mulut saja.
Alih-alih mempunyai email profesional,  website saja pun tak ada, bagaimana pelanggan bisa 100% percaya.

Membandingkan dengan bengkel sejenis yang baru berdiri dan letaknya tak terlalu jauh dari milik boz saya. Baru berdiri satu tahun tapi sungguh wow luar biasa kemajuannya, bahkan boleh dibilang bengkel saya kalah saingan. Mencoba mencari tahu apa  kunci kesuksesan mereka. Ternyata salah satunya karena mereka mampu mengonlinkan usahanya, digital marketingnya sangat hebat. Mereka memiliki sebuah website dan menggunakan  domainya untuk dijadikan alamat email.

Dari cerita pengalaman saya bisa disimpulkan sebesar apapun bisnis kita jika kita tidak bisa mengadaptasi kemajuan dan inovasi teknologi (internet )yang telah ada pastinya akan tenggelam juga. Bukti nyatanya adalah bengkel milik boz saya.

Di Akir tulisan ini ijinkan saya untuk mengonlinkan pertama kali  bengkel bubut tempat saya bekerja lewat blog ini.

BENGKEL BUBUT WIDYA KARYA
Jln. Sedati Agung II no I, Sedati-Sidoarjo 61253

Widya Karya Machinery and Rubberindo
Bergerak dibidang Industri karet dan mesin perkayuan
Specialis glue spreader

Memoroduksi
Mesin Perkayuan, Alat-alat teknik dari karet siel, Fender, Linning Tangki, Penyambungan Conveyor, Rol Sanding, Rol Lem, Cross Joint, Service Mesin Perkayuan Dll.

No comments for "Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis"

Berlangganan via Email