Tips Ampuh Memilih Burung Pleci Untuk Kontes Agar Bisa Jadi Juara



Salam kicau mania Cak!!

Cak, apakah Sampean salah satu penyuka Burung Pleci? Jika benar demikian maka informasi yang sicuit berikan ini bisa sampean jadikan referensi untuk memilih jenis pleci yang unggul. Apalagi jika Sampean niatnya buat diikutkan dalam kontes, ketika ikut kontes harapannya pasti bisa jadi juara kan. Maka dari itu ibarat mau perang semuanya harus dipersiapkan dengan matang agar perang bisa dimenangkan.

Mencari burung pleci itu mudah, iya toh? Sampean pergi saja ke pasar burung pasti banyak pedagang yang menawarkan burung pleci. Tapi jika yang Sampean cari adalah Pleci yang berkualitas maka bisa dibilang gampang-gampang susah. Apa lagi jika Sampean tidak memiliki parameter yang jelas, sudah pasti tambah susah kuadrat he he.

Lalu bagaimana cara memilih Pleci yang berkualitas untuk dijadikan burung kontes?

Banyak kicau mania yang salah kaprah tentang anggapan bahwa memilih burung pleci yang berkualitas itu di dasarkan dari daerah asal burung misalnya pleci dari Jawa memiliki kualitas suara yang lebih power full dari pada asal Sumatera atau juga sebaliknya.

Tentu saja daerah habitat asli burung tidak bisa cukup dijadikan satu patokan karena sudah pasti dari manapun jenis asalnya burung masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.
Oleh karena itu kami simpulkan bahwa memilih burung pleci yang baik dan berkualitas itu harus didasarkan pada beberapa kriteria seperti pembahasan di bawah ini.

Trik Mencari Burung Pleci Yang Baik Untuk Gacoan Lapangan


Pilih Pleci Jantan
Kriteria yang pertama adalah tentang pemilihan jenis kelamin burung. Benar sekali Cak, burung pleci jantan meskipun dari ukuran sedikit lebih kecil dari betinanya namun soal suara pleci jantan lebih bervariasi dan volumenya lebih kencang. Dikatakan bervariasi karena memang pleci khususnya pejantan bisa mengeluarka isian suara dari jenis burung lainya. Karena sifatnya yang mudah menirukan isian burung lain maka sudah pasti akan mudah untuk dimasteri.

Pilih Bentuk Body Yang Besar Dan Bagus
Berikutnya pilihlah pleci jantan dengan bentuk body yang nyaris sempurna. Nyaris sempurna dalam arti tidak memiliki cacat. Santai saja Cak saat hendak memilih burung gak usah terburu-buru, juga jangan dipaksakan membeli jika memang tidak ada burung yang masuk kriteria. Amati dengan teliti seluruh bagian tubuh burung mulai dari kaki, badan, kepala, mata, serta bulunya. Perhatikan juga posisi burung saat sedang berdiri, burung yang bermental baik bisa dilihat dari posisi berdirinya yaitu tubuh terlihat proporsional, badanya tegap, serta leher burung terlihat panjang.

Burung Terpantau Aktif Berkicau
Nah, poin berikutnya yang mesti Sampean terapkan dalam pemilihan burung pleci untuk burung kontes adalah dengan memilih yang aktif bersuara. Bagaimana cara memancingnya? Gampang Cak, sampean bisa memancingnya dengan suara audio MP3. Pleci yang aktif ketika dia mendengar suara burung lainya biasanya akan langsung nyaut. Ini juga bisa jadi sinyal jika burung memang memiliki mental yang bagus.

Volume Suara
Tujuan memancing dengan MP3 adalah agar burung mau berbunyi sehingga sampean bisa mengamati kualitas suaranya. Coba mulai jauhkan diri sampean dari si burung ambil jarak beberapa meter secara bertahap dan dengarkan sampai sejauh mana suaranya bisa terdengar. Jika Sampean menemukan burung yang suaranya keras bahkan masih terdengar jelas hingga jarak lebih dari 10 meter, segera angkut Cak. Asal sampean tahu Cak, penilaian juri  terhadap suatu kontes lomba burung salah satunya diambil dari volume suara burung.

Umur Burung
Karena niat Sampean adalah memilih burung pleci untuk kontes maka sangat wajib hukumnya memilih burung yang umurnya sudah cukup matang alias dewasa. Ada berbagai alasan yang perlu Sampean tahu kenapa harus memilih Pleci dewasa, selain karena mentalnya sudah tertata juga karena beberapa hal berikut ini :

  • Burung yang sudah berumur ( dewasa ) jelas memiliki daya tahan tubuh yang lebih stroong dibandingkan yang masih mudah. 
  • Gampang beradaptasi dengan situasi lingkungan yang baru sehingga mudah dirawat dan diberi pelatihan. 
  • Dari segi mental sudah pasti burung yang berumur memiliki mental lebih baik dari pada burung muda. 
  • Suara burung yang sudah berumur pasti lebih lantang dan banyak varianya dibanding yang muda.

Masalahnya adalah banyak dari Sampean yang kesulitan dalam membedakan Pleci muda dan Pleci dengan usia tua.Memang sedikit sulit membedakannya, apa lagi jika Sampean masih baru berhobi burung. Berikut ini beberapa ciri-ciri yang dapat sampean jadikan ukuran dalam membedakanya.

Perlu sampean ketahui Cak Pleci ataupun jenis burung lainya dikatakan memiliki usia muda jika masih berumur di bawah 6 bulan, sedangkan dikatakan dewasa atau tua jika burung sudah berumur lebih dari 8 bulan.

Tips Membedakan Pleci Muda dan Dewasa


  • Jika dilihat dari bentuk body sangat jelas jika Pleci muda memiliki badan yang lebih kecil, sedangkan Pleci dewasa badanya terlihat lebih besar dan berisi. 
  • Perhatikan warna mata pada burung, Pleci yang masih muda memiliki warna mata cokelat muda sedangkan Pleci dewasa warna matanya terlihat lebih pekat yaitu cokelat tua. Sampean juga bisa membedakanya dari warna bulunya,bulu pleci muda terlihat kusam atau kurang cerah dan licin seperti berminyak. Sedangkan burung pleci yang sudah dewasa memiliki warna bulu yang cerah dan kering. 
  • Perhatikan warna bagian dalam dari paruhnya, jika Sampean dapati warnanya bening atau putih susu maka pleci tersebut masih muda karena Pleci yang sudah dewasa bagian dalam paruhnya berwarna kehitam-hitaman. 
  • Selain itu sampean juga bisa membedakanya dari gerakannya, burung pleci dewasa cenderung lebih agresif dan lincah tentu berkebalikan dengan Pleci muda yang gerakannya hanya monoton itu itu saja.

Demikian Cak informasi yang dapat disampaikan,kurang lebihnya Mimin minta maaf apabila ada kesalahan. Kritik dan saran sampean sangat Mimin harapkan Cak. Salam seduluran Kicau mania!!

No comments for "Tips Ampuh Memilih Burung Pleci Untuk Kontes Agar Bisa Jadi Juara"

Berlangganan via Email